Selasa, 01 Februari 2011

Sistem Kelompok Tani Telah Diterapkan di Kabupaten Intan Jaya

Di Kabupaten Intan Jaya sudah diberlakukan dan menerapkan system usaha kelompok kelompok tani yang meeliputi : pertanian, perikanan dan peternakan, serta perkebunan. Sistem ini sudah ditepakan hampir setiap desa atau kampung yang berada di kabupaten intan jaya. Program yang sudah mulai dilakukan atas inisiatif masyarakat setempat yang bersatu membentuk kelompok tani tersebut. Progaram yang diterapkan ini sangat baik dan mengutungkan bagi orang ataupun kelompok yang menjalankan program tersebut. Pemda pun bisa membantu masyarakat bila masyarakat khususnya kelompok-kelompok tani itu dengan tulus dan seenuh hati menjalankan tujuan yang ngin dicapainya itu dengan baik.
Namun yang menjadi persoalan disini adalah kelompok tani hanya membuat papan nama kelompok saja lalu membuat juga kolam ikan tidak banyak dan juga pertanian yang damaksud itu belum terlihat artinya tidak ada perkembangan tentang pertanian yang dimaksudkan itu. Sebetulnya jika usaha Kelompok yang dimaksud itu dijalankan maka kehidupan masyarakat dengan usaha tersebut akan sejahtera sebab kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh masyarakat dalam bentuk kelompok tersebut juga merupakan salah satu jalan dimana membantu pemerintah daerah untuk mensejahterakan rakyat.
Dibalik itu kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat dalam bentuk kelompok itu tidak semua rogaram yang mereka jalani tetapi hanya saja mereka lekukan kegiatan yang bisa dilakukan oleh kelompok tersebut. Contohnya : Misalkan di salah satu kampong melakukan kegiatan kelompok yang telah disepakati bersama dengan anggota kelompok. misalnya yang ditetapkan adalah program kegiatan Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Perikanan. Diantara program kegiatan itu tidak semua program kegiatan kerja yang mereka kerjakan melainkan hanya melakukan beberapa program kegiatan. Misalnya hanya melakukan kegiatan perikanan, peternakan, dan perkebunan sedangkan kegiatan pertanian tidak dilakukan.
Sebaiknya aggota kelompok memikirkan matang-matang kegiatan apa saja yang akan dikerjakan oleh seluruh anggota kelompok demi mencapai tujuan bersama yang disepakati bersama oleh semua anggota kelompok. Sebab semua kegiatan itu dilakukan dengan struktur yang jelas dan syarat yang lainnya misalanya : lahan, Lokasi/tempat yang akan dijadikan sasaran yang dikerjakan oleh kelompok tani. Karena akan mengalami kendala dalam pelaksanaan kegiatan, itu pun akan terjadi bila ketua dan semua anggota kelompok tidak memikirkan apa saja yang menjadi program kerja kelompok.



Sekian…………..Amakanieeeeee. . . . . ..

Arnold Cherren Belau)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kawan, Tinggalkan ko pu Komentar Disini.....