Selasa, 15 Februari 2011

“Kuncinya Adalah Jaga Makan Dan Minuman” Yang Kita Komsumsikan Tiap Hari

Malam itu saya ke suatu somer yang berada di ‘Cigombong’, Kotaraja Dalam-Jayapura. Malam sekitar pukul 20.15 saya lari menuju ke tempat dimana saya ingin membeli pulsa. Kemudian di Somer itu berdiri seorang bapak yang umurnya sudah tua. beliau sering dipanggil dengan ‘Opa’ Pada saat saya mau membeli pulsa di somernya lalu saya bertanya “Pak, ada jual Pulsa k?” lalu beliau menjawab ‘Ada’. Beliau membawa sebuah pena dan buku dengan   maksud supaya saya menuliskan nomor Hand Phone untuk mengisi pulsa.Saya terharu melihat bapak tua tadi membaca tanpa menggunakan kaca mata meskipun beliau sudah tua. Saya terharu karena jarang saya menjumpai orang yang sudah tua lalu bisa membaca tanpa alat bantuan yang dinamakan “Kaca Mata”.

Saya bertanya ‘Mengapa bapak sudah tua tapi masih bisa membaca tanpa menggunakan kaca mata’ lalu dengan senyum ia menjawab “mata anak muda kok’ lalu saya bertanya lagi “bukan begitu bapak tapi soalnya banyak orang yang seumur dengan bapak biasanya sudah menggunakan kaca mata untuk menbaca” lalu ia mengatakan bahwa, anak obatnya adalah jaga makanan dan minuman yang kita komsumsikan tiap hari dan juga jangan pernah memaksakan mata bila mata capek karena kalo kita memaksakan mata meskipun mata suda capek ini akan mempengaruhi mata kita, itu sama saja dengan barang lain juga artinya barang  yang kita miliki itu bila dipaksakan akan rusak cepat begitupun dengan mata kita, yang kedua adalah jangan pernah mengomsumsi Miras karena miras sangat berpengaruh terhadap saraf-saraf mata sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada mata”. Jadi supaya mata kita tetap baik kuncinya adalah “ Tidak memaksakan mata bila mata capek, Jaga makanan dan minuman yang tiap hari kita komsumsikan, dan tidak mengomsumsikan Miras”
Terimakasih opa……………….


Arnold Belau