Sabtu, 05 Februari 2011

Dimana Kabupaten Intan Jaya

Sore itu disekitar tempat saya berteduh di depan sebuah ruko di kota“ABE”. Saat itu baru saja saya keluar dari sebuah warnet. Setelah keluar dari warnet itu hendak saya bergegas menuju ke rumah tempat saya tinggal, namun perjalanan saya saat itu terhalang karena hujan yang sangat lebat membasahi kota Abepura. Karena hujannya lebat saya berteduh di depan ruko itu. Saat saya berteduh di depan bangunan ruko tersebut di samping kiri saya berdiri juga tiga orang lelaki yang tidak saya kenal. Pada waktu itu mereka berbincang-bincang. Dalam perbincangan mereka saya dengar ada seorang dari mereka bertanya kepada kedua temannya. Orang bilang kabupaten Intan Jaya itu dimana ya?? Dari tangan TV Mandiri Papua selalu ada tayangan gunung Cartenz pada bagian break. Dan gunung Cartenz itu menurut tayangan TV mandiri Papua, gunung Cartenz itu letaknya di kabupaten Intan Jaya. Jadi saya tidak tahu kabupaten Intan Jaya itu dimana sebenarnya. Menurut kamu dua kabupaten Intan Jaya itu dimana kah?? namanya NB (bukan nama aslinya). Satu diantara mereka sebut saja namanya AD (bukan nama sesungguhnya) menjawab pertanyaan temannya dengan berkata “ yang saya dengar dan yang saya baca di News Paper/surat kabar,kabupaten Intan Jaya itu di Nabire. Katanya kabupaten Intan Jaya itu pemekaran dari kabupaten paniai. Kalau yang di Nabire itu cuman kantor perwakilan karena kabuapten Intan Jaya itu kabupaten yang baru dimekarkan bersamaan dengan kabupaten Dogiyai pada tahun 2008 lalu dari kabupaten induk Paniai. Kedua temannya itu terdiam manis sambil mendengar pembicaraan kedua temannya. Pada saat itu saya merasa sedikit malu untuk mendeskripsikan sekilas pada mereka tentang kabupaten Intan Jaya. Karena kabupaten Intan Jaya itu bukan di Nabire tetapi di Intan Jaya, kenyataannya memang seperti itu sehingga saya merasa malu. Kabupaten Intan Jaya selama ini tidak di Intan Jaya tetapi di Nabire pada hal kabupaten Intan Jaya itu bukan di Nabire. Saya terdiam sejenak. Kemudian dengan percaya diri saya memberanikan diri saya dan saya langsung salaman denga ketiga orang itu walaupun ketiga orang itu tidak saya kenal dengan tujuan agar meberitahukan kepada mereka tentang kabupaten Intan Jaya sebisa saya agar mereka bisa mengetahui secara pasti letak kabupaten Intan Jaya. Ketika saya bersalaman dengan mereka salah satu dari mereka menanyakan asal saya lalu saya memberitahukan kepada mereka bahwa saya berasal dari Intan Jaya. Lalu NB yang ingin tahu letak kabupaten Intan Jaya, menanyakan pada saya bahwa kabupaten intan itu dimana adik?? Kabupaten Intan Jaya itu letaknya di bagian Timur dari kabupaten Paniai dan bagian Barat dari kabupaten Puncak, jawab saya. Adik apa benar gunung Cartenz itu di Intan Jaya? ia benar kak, gunung Cartenz itu di Intan Jaya, kenapa dengan gunung Cartenz kak? ah trada adik habis kak biasa nonton tayangan dari TV mandiri papua itu selalu ada tanyang gunung Cartenz pada bagian break/iklan jadi. O......iyo eee, pemandangan di gunung Cartenz itu indah sekali. Saya membenarkan pendapatnya dan saya juga katakan bahwa benar kak gunung Cartenz itu indah.

Kabupaten Intan Jaya bukan di Nabire tetapi di Intan Jaya! Intan Jaya!
Umur kabupaten Intan Jaya sudah tiga tahun. Namun kantor-kantornya masih berada di Nabire (kantor perwakilan). Sebetulnya dalam tiga tahun itu pemda harus membangun kantornya di kabupaten Intan Jaya, jangan namanya Intan Jaya tetapi kantornya di Nabire, itu sama saja dengan ibarat “burung lupa sarang”. Ada apa dibalik semua ini? kalau memang kantornya mau menetap di Nabire mengapa kabupaten Intan Jaya harus dimekarkan? kalo tidak mau beta tinggal dan bertugas di Intan Jaya mengapa Intan Jaya harus dimekarkan? kalau tidak mau membangun Intan Jaya mengapa Intan Jaya harus dimekarkan? kalau tidak mau membangun Intan Jaya dengan setengah hati mengapa Intan Jaya harus di mekarkan. Mengapa Intan Jaya harus dibentuk kalau sistem pemerintahannya tidak jelas, kantor di tempat lain tapi namanya kabupaten Intan Jaya.
Intan Jaya yang orang tahu adalah Intan jaya bukan Nabire. Memalukan sekali namanya kabupaten intan jaya tetapi kedudukan semua kantornya di Nabire. Untuk membangun kabupaten Intan Jaya dibutuhkan pemimpin yang benar-benar mencintai Intan Jaya bukan pemimpin yang tidak suka dan tidak betah tinggal di Intan Jaya. para pejabat intan jaya semua tidak pernah beta tinggal di intan jaya tetapi kebanyakan pejabat semua lari ke kota terus menerus dengan alasan yang tidak benar satu (tidak masuk akal). “Jangan seperti orang yang makannya di Amerika tetapi istirahat dan tidurnya di Israel”.
Arnold Belau)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kawan, Tinggalkan ko pu Komentar Disini.....