Senin, 14 Februari 2011

Arti Cinta Dan Kasih Sayang


Sebelum baca ini coba ketawa dulu………..hahahaaaeeeeeee, apeleeeeee……Happy Valentine’s Day, Koya, Amakanee, Kinaonak……..hahahaha pace ko mntp sampeeeeee. . . . . . ..

Apa sih cinta dan kasih sayang itu?? Banyak yang mengira bahwa kata sayang dan cinta itu memunyai pengertian yang sama. Karena kegunaan dan bentuk pengungkapan kedua kata itu dari segi rasa hamper sama berbanding terbalik atau sangat mirip. Namun kedua kata itu ternyata berbeda fungsi, gunanya, dan penempatannya. Biasanya rasa sayang lebih cenderung tumbu8h lebih awalsebelum rasa cinta muncul. Tumbuhnya kedua rasa itu semakin diketahui kapan saja, maka itu rasa cinta dan sayang itu jangan dibatasi sebab persepsinya amat luas.
Bagitu banyak ide yang kemudian bermunculan bahwa cinta dan sayang itu saling bertolak belakang. Rasa cinta dan sayang adalah sesuatu yang diberikan oleh Tuhan kepada umat/hambanya karena dengan adanya cinta dan sayang dipastikan dunia akan lebih baik adanya antara satu dengan yang lainnya. Munculnya cinta itu karena ada sebab, semua itu mungkin muncul karena sudah direncanakan oleh-Nya. Rasa cinta dan sayang diantara kita pastinya kita bisa merasakannya sendiri, betapa indahnya, tentunya banyak yang dibuat bahagia karenanya. Tetapi dampak dari cinta dan sayang itu lebih bahaya dan lebih dasyat, mengapa?? Karena dampaknya orang akan stress bila putus cinta, sakit bila putus cinta, trauma dan bahkan timbul perasaan saling membenci. Itu semua terjadi Karena mengenal cinta dan sayang yang dimaksud. Karena adanya cinta, tiap individu pastinya mengerti efek dari kedua hal ini. Mungkin ketika kita melhat sesuatu yang indah akan berubah takjup, ingin memeliki dan hasrat untuk segara mempunyai.
Contoh saja, ketika kita sudah memliki pacar, di depan kita sedang berdiri misal cewek/cowok cakep secara tidak sengaja kita sudah mengagumi sosok nya, hal itu wajar. Manusia di karunia panca indera mereka bisa merasa,melihat dsb. Ketertarikan akan sesuatu berevolusi menjadi ingin memiliki apa yang ada dalam hatinya yg menurut ia sangat mengasyikkan. “cinta” kedalaman hati dalam jiwa manusia buah dari ketertarikan dan rasa suka. kasih sayang adalah efek dari rasa suka dan cinta jadi tidak ada bedanya, hanya yang bedanya adalah  pengungkapan kasih sayang tersebut antara seorang ibu dengan anaknya, sepasang kekasih, seorang sahabat. perhatian, memeluk, mencium adalah eksperesi kasih sayang seseorang dan wajar jika terjadi dalam diri manusia, tetapi semua ada normanya untuk menjaga kesucian cinta agar tak terjangkiti oleh nafsu. Jadi  ini hanya sebuah pikiran, masih muda dan kawan-kawan aku juga muda. Perbedaan suka, sayang, dan cinta bagus dirangakai dari hati yg dalam dan sebuah pengalaman  yang sudah menjadi warna dalam kehidupan.

Pengertian cinta dan sayang
Cinta adalah sesuatu yang suci, anugerah Tuhan dan sering tidak rasional. Cinta dipenuhi nuansa memaklumi dan memaafkan. Kesabaran, kesetiaan, pengertian, pemberian dan pengorbanan akan mendatangkan/menyuburkan cinta, sementara penyelewengan, egoisme, kikir dan kekasaran akan menghilangkan rasa cinta.

Sayang adalah satu rasa yg tulus. Tulus untuk mencintai dan menyayangi orang yang kita sayangi dan cintai. Cinta dan kasih sayang itulah yang murni di hati kita dan cinta tak akan tumbuh jika Allah yang maha kuasa menghendakinya.

 Arnold  Belau