Minggu, 14 Oktober 2012

Penny Wandagau

Penias Wandagau
Peneas wandagau namanya lengkapnya. Penny adalah nama sapaan untuknya. Aku menyapa dia dengan kakak Penny. Dia bukan teman kuliahku. Dia juga bukan teman sebayaku. Aku mengenalnya satu dua tahun lalu.

Pertama bertemudengan Penny di Nabire. Aku tak mengenalnya. Aku hanya mengenal namanya. Semenjak aku bertemu dengannya pertama kali di Nabire pun aku tak mengenalnya lebih akrab. Hanya sebatas saling menyapa.

Ketika aku melanjutkan studyku di kota jayapura saya mendapat ceritera tentang dia dari beberapa temannya yang pernah hidup di asrama yang saat ini saya sedang tinggal.

Jayapura itu Ibu kota provinsi papua. Kota bersejarah bagi orang Papua. Kota pendidikan. Kota yang penuh dengan tantanga. Itulah Jayapura.

Semenjak pertama kali aku tiba di Jayapura. Tepatnya pada tahun 2010 silam. Teman-teman asramaku bercerita tentang Penny. Menurut mereka Penny orang baik. Penny adalah orang yang taat dan patuh terhadap agama yang dianutnya. Tidak lain adalah agama Kristen. Pengikut Kristus sang pembela kebenaran. Singkatnya begitulah ceritatentang Penny.

Pada tahun 2010, Penny menyelesaikan studynya di Jayapura. Selesai dengan gelar Amd.E dari Sekolah Tinggi Ekonomi Port Numbay.

Untuk mengenal sosok Penny lebih jauh, diriku melakukan komunikasi dengan Penny melalu jejaring social di dunia maya. Jejaring social facebook.

Pada bulan juni aku bertemu kembali dengan Penny di Nabire. Senyum selalu terpampang pada wajahnya ketika bertemu dengan sesamanya. Sekilas aku mempelajarinya. Saat aku menenmuinya ia selalu menyapaku dengan senyum yang tak pernah hilang dari pipinya.

Pada tahun 2011 Penny melanjutkan studinya di kota Makassar. Dan pada tahun 2012 Ia menyelesaikan S-1 di Makassar.

Penny sosok yang unik bagiku. Setelah aku banyak belajar tentang dia. Dia adalah salah satu dari sekian banyak orang yang saya pernah jumpai dan temui dalam hidup saya.

***

Penny lahir di Hitadipa. Pendidikan dasarnya atau SD ia selesaikan di kampung kecilnya. SD YPPGI HItadipa dan selesai pada tahun 2002. Jejang berikutnya yaitu, SLTPnya ia selesaikan di SLTPN 1 Sugapa dan meyelesaikan studinya di jejang SLTP pada tahun 2006. Untuk lanjut ke jenjang berikut lagi yakni SMA. Ia nekat untuk keluar dari kampungnya. Terutama tinggalkan keluarganya dan pergi merantau untuk menimba ilmu. SMA YPK Tanbernakel Nabire menjadi pilihn hatinya. Ia menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA pada tahun 2009. Jayapura menjadi kota pilihan hatinya untuk menlanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Ia menyelesaikan pendidikan di bangku kulaih pada tahun 2010. Kemudian Penny lanjut lagi di Makassar. Saat ini Penny sedang mengikuti tranning pada PT.Bank Papua. Penny lulus dari sekian ratus perserta dan saat ini secara resmi menjadi pegawai.

Singkatnya perjalanan study Penny yang aku ketahui demikian,….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kawan, Tinggalkan ko pu Komentar Disini.....