Rabu, 08 Februari 2012

Akibat Hujan Deras Asrama Mahasiswa Intan Jaya di Jayapura Tertimbun Longsor

Kondisi Asrama Yang Tertimbun OLeh LOngsor, Foto : Arnold Kiba Belau
Jayapura –  Asrama mahasiswa pelajar asal kabupaten Intan Jaya tertimbun banjir akibart hujan deras yang mengguyur kota abepura, Jayapura, Papua  dini hari rabu (09/2).


Hujan yang terus mengguyur tersebut berlangsung kira-kira selama lima jam lebih, sejak pukul 19.00 WP  hingga 24.00 WP, kemudian antara pukul 24.00 dan pukul 01.00 pagilah huja kemudian berhenti.

Akibat dari hujan tersebut mengakibatkan terjadinya longsor di asrama milik mahasiswa dan pelajar asal intan jaya yang beralamat  kotaraja luar, abepura, Papua. Kerusakan akibat longsor tersebut antara lain mengakibatkan dapur asrama rubuh total dan tertimbun oleh tanah longsor, peralatan dapur hancur total, atap rumah (genting) hancur, selang air yang mengalir ke dapur putus, lampu yang di pasang di dapur pecah, tembok pembatas rumah dan gunung roboh.

Selain itu ada juga kamar para penghuni asrama yang tergenangi air. Air yang berasal dari bawah tanah dan mengalir keluar menerobos lantai yang dilapisi oleh semen dan tehel,  sehin gga kamar-kamar yang berada di lantai paling bawah atau lantai satu semua tergenang air.

Tidak hanya itu, hamper saja penghuni asrama yang sedang beristirahat tertimbung lokasi, namun hal itu tidak terjadi karena para penghuni berlari menyelamatkan diri saat longsor terjadi. 

Diduga bahwa terjadinya longsor tersebut karena hujan secara terus menerus sehingga dapat membawa akibat longsor, dan juga karena tak ada pohon ataupun batu yang bisa mencegah terjadi longsor.

Arnold Kiba Belau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kawan, Tinggalkan ko pu Komentar Disini.....